WELDING HABITAT

APAKAH WELDING HABITAT ITU?

WELDING HABITAT atau WELDING CHAMBER adalah sebuah alat yang dirancang untuk menyediakan lingkungan kerja panas (Hot Work) yang aman di daerah yang Berbahaya atau mengandung Gas Mudah Terbakar atau high pontential untuk ada Gas Yang Mudah Terbakar.

Daerah berbahaya, dalam konteks ini, daerah di mana sewaktu-waktu Hydrocarbon gas (yang mudah terbakar) dapat hadir di area pekerjaan.

Pekerjaan Panas (Hot Work) yang dimaksud adalah segala bentuk pekerjaan yang akan menimbulkan unsur PANAS yang dapat menimbulkan Kebakaran jika 2 unsur api lainnya sudah ada. Contoh-contoh Hot Work :

1. PENGELASAN atau PEKERJAAN MENGELAS atau WELDING ACTIVITY
  • MENGGERINDA
  • PREHEATING
  • FLAMING / BURNING
  • INSTALASI LISTRIK / ELECTRICAL 
  • INSTALLATION & REPAIR
Ingat Philosophy Segitiga Api yaa : Bahan Bakar, Panas, Oksigen

Nah, sekarang coba bayangkan kita akan bekerja panas di sebuah PLATFORM atau Anjungan Lepas Pantai atau di Processing Area :

Kira-kira kalau kita akan melakukan KERJA PANAS (HOT WORK) di area Anjungan Lepas Pantai atau Gas Processing Unit tersebut dimana kemungkinan Hydrocarbon Release nya sangat besar, MAKA dari ke 3 unsur API tadi hampirdipastikan semua akan ada disana. Yaitu:
  1. Oksigen : Berasal dari Oksigen yang dikandung oleh Udara Bebas
  2. Sumber Api : Berasal dari Pekerjaan Panas Yang akan kita lakukan
  3. Bahan Bakar : Berasal dari Hydrocabon atau Gas yang release di area tersebut

MAKA JIKA KITA MELAKUKAN PEKERJAAN PANAS / HOTWORK DI AREA BERBAHAYA DIATAS TANPA MENGGUNAKAN WELDING HABITAT / WELDING CHAMBER, DAPAT  DIPASTIKAN KEBAKARAN AKAN TERJADI.

CARA KERJA WELDING HABITAT!

Inti dan Philosophy Cara Kerja Welding Habitat / Welding Chamber adalah:

“Menyediakan Ruangan Kerja Yang Terbebas Dari Gas Hydrocarbon Yang Mudah Terbakar Di Area Yang Berbahaya”

Bagaimana Cara WELDING HABITAT:
1. Mengisolasi Area Kerja dengan memasang Ruangan Kedap Udara yang terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar.

2. Menyediakan Positive Pressure (Tekanan Positive) di bagian dalam ruangan sehingga tidak akan ada udara yang mengandung Gas Hydrocarbon yang bisa masuk kedalam area pekerjaan panas (Misal Welding).

3. Cara memberikan Positive Pressure adalam menyedialan Inlet Blower dengan memasukkan udara segar kedalam Ruangan Kerja dimana fungsinya adalah untuk memberikan sirkulasi udara, meyakinkan ketersediaan OKSIGEN untuk pekerja didalamnya, Mendorong Asap Pengelasan dll keluar dari Ruangan Kerja dan seperti nomor 2 diatas yaitu untuk mencegah Gas Hydrocarbon masuk ke Ruangan Kerja.

4. Juga disediakan Outlet untuk membuang Gas dari dalam Chamber

5. Disediakan Manometer (Pressure Gauge) untuk mengecheck Tekanan Udara didalam Ruangan Welding Habitat dan meyakinkan ada tekanan Positive Tadi.

6. Disediakan Gas Detector untuk mengecheck dan meyakinkan bahwa di dalam Ruangan Welding habitat tersebut benar-benar Free dari Gas Hydrocarbon yang mudah terbakar tadi.

CATATAN LAIN:
Penggunaan peralatan ini merupakan faktor penting dalam mengurangi risiko yang terlibat dengan pekerjaan panas (Hot Work) seperti pengelasan/welding.

Untuk desain Inlet-Outlet Blower menggunakan sistem pneumatic sehingga sama sekali tidak ada aliran elektrik.

Sedangkan material panel dibuat fleksibel sehingga bisa dipasang di area-area structure yang susah dijangkau dan bahan dipilih yang tahan akan panas disempurnakan juga dengan dilapisi oleh material fire blanket di area pengelasan.

Sekali lagi, Dasar dari peralatan ini adalah Positive Pressure, dimana tekanan udara di dalam Chamber lebih besar dari pada tekanan udara di luar, sehingga kemungkinan gas liar yang masuk bisa diatasi.

Hal ini memungkinkan untuk pekerjaan panas /pengelasan yang dilakukan pada area yang masih beroperasi (tanpa Shutdown).

Pengembangan lebih lanjut dari peralatan ini dilengkapi dengan Damper (Gas Detector Unit) dan Sistem shut-down otomatis, peralatan ini merupakan hasil dari peningkatan Risk Awareness.

Dengan pengembangan di atas maka bisa dipastikan udara yang masuk ke dalam chamber benar-benar aman dari gas beracun dan gas yang mudah terbakar (flammable), meskipun masuk juga akan terdeteksi lebih dini lewat pengaturan/setting pada peralatan GDU dan aliran udara yang masuk secata otomatis terputus.

Demikian sedikit bahasan mengenai Welding Habitat, semoga bermanfaat dan sukses untuk kita semua.

Popular posts from this blog

Bahan Pertanyaan dan Jawaban pada Proses Interview untuk Safetyman

Cara Menghitung HSE Statistic

Mengenal Istilah serta Kapasitas / Beban Scaffolding atau Perancah