Soft Skill Penting untuk mengembangkan Karir

Assalamualaikum. Wr. Wb
Salam sejahtera untuk kita dan semoga selalu dalam lindungan Allah. SWT serta diberikan limpahan Rizki.
Setiap orang pasti ingin mengembangkan dan meningkatkan karir untuk menuju pada kesuksesan. Namun itu semua membutuhkan syarat, yakni Skill yang dimiliki oleh masing-masing individu, baik secara Hard Skill maupun secara Soft Skill.
Disini yang sangat diperlukan adalah Soft Skill sebagai penunjang Hard Skill yang kita miliki.

Mengapa Soft Skill itu Penting Untuk Karier?
Karena bukan Hard Skill saja yang bisa menunjang prestasi dalam bekerja. Hard skill tidak akan maksimal jika tidak diimbangin Soft Skill yang baik. Keduanya harus bisa berjalan seimbang agar bisa membentuk perkembangan karier.

Apa perbedaan Hard Skill dan Soft Skill?

Hard Skill merupakan kemampuan diri yang bersifat teknis atau yang nampak dan juga kemampuan yang didapat dari belajar atau akademis. Misalnya saja kemampuan berbahasa asing, kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan fotografi, kemampuan membuat laporan, dan lainnya.

Sedangkan Soft Skill adalah kemampuan diri yang sifatnya lebih cara berpikir, sikap dan karakter diri. Ini sangat berhubungan dengan psikologis kita. 
Contohnya saja adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana kita bekerja dalam tim, bagaimana kita melakukan manajemen waktu dan lainnya.

Setiap pekerjaan sangat membutuhkan hard skill dan soft skill. Keduanya harus saling beriringan agar apa yang kita hasilkan dari pekerjaan bisa lebih maksimal di mata orang lain.

Ada beberapa alasan mengapa Soft Skill sangat penting untuk perkembangan karier kita ke depannya.

1. Membangun Sikap Dan Perilaku.
Kita tahu bahwa sikap dan perilaku kita di lingkungan pekerjaan itu sangat penting. 
Tidak hanya berdampak positif untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk rekan kerja yang lain. Apabila kita memiliki Soft Skill yang bagus, kita akan mampu membangun sikap dan perilaku yang positif kepada semua orang.

2. Tahu Bagaimana Harus Menyampaikan Ide.
Sebagai pekerja / karyawan, kita pasti punya ide dan gagasan baik untuk rekan kerja atau manajemen perusahaan. Nah agar ide tersebut dapat didengar dan direalisasikan, maka kita harus tahu caranya menyampaikan ide yang baik dan benar. Di sinilah peran Soft Skill kita. 
Misalnya kita mempunya ide yang berhubungan dengan Hard Skill , maka Soft Skill itulah yang bisa menyampaikannya dengan baik.

3. Menambah Rasa Percaya Diri.
Soft Skill juga membuat kita memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Karena kita akan selalu menghargai kemampuan diri sendiri dan orang lain. Rasa percaya diri ini penting untuk menumbuhkan optimisme dalam bekerja.

4. Diunggulkan Dalam Tim
Ketika kamu sudah memiliki hard skill yang mumpuni dan juga attitude yang bagus, maka ketika kita bekerja dalam tim pasti akan diunggulkan. Kita akan menjadi pekerja / Karyawan yang berpengaruh dalam tim. Rekan-rekan kerja kita pun juga akan sangat menghargai dan menghormati kemampuan kita.

Untuk mengasah Soft Skill tidak ada sekolah khusus. 
Soft Skill bisa dipelajari dari kehidupan sehari-hari dan dari dalam diri kita. Pola pikir yang positif dalam bergaul dengan orang lain adalah cara awal agar kita bisa mengembangkan Soft Skill itu sendiri.

Demikian sedikit tulisan mengenai Soft Skill agar kita semua bisa berbenah untuk mengembangkan serta meningkatkan Skill yang kita miliki sebagai penunjang karir kita untuk menuju pada kesuksesan. 
Aamiin Allahuma Aamiin...
Semoga bermanfaat, dan salam sukses untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Bahan Pertanyaan dan Jawaban pada Proses Interview untuk Safetyman

Cara Menghitung HSE Statistic

Mengenal Istilah serta Kapasitas / Beban Scaffolding atau Perancah